Beberapa Penyebab PC Restart Sendiri

Apakah komputer anda sering merestart sendiri?
Misalkan anda sedang mengerjakan tugas yang penting atau sedang asik bermain game, tiba-tiba layar monitor pc anda bewarna biru atau sering di sebut dengan blue screen dan terakhir pc anda akan merestart sendiri.
Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mengalami nya atau bahkan sering, pasti momen itu sangat-amat menjengkelkan, karena saya juga pernah mengalami nya. Tetapi apakah anda tau apa penyebabnya PC Restart Sendiri?






Beberapa Penyebab PC Restart Sendiri

1. Power Suplay Dayanya Rendah
Daya power suplay yang rendah disebabkan karena dua hal, terlalu banyak beban perangkat yang terpasang atau kemampuan power suplay sudah menurun karena faktor usia atau adanya kerusakan pada komponen didalam power suplaynya.

2. HDD Mengalami Bad Sector
HDD yang mengalami bad sector parah, akan menyebabkan susah dibaca dan crash, dan akhirnya dapat menyebabkan pc restart dan biasanya diawali dengan munculnya Blue Screen Of Dead (BSOD)

3. RAM Bermasalah
Posisi penempatan RAM tidak pas/selip sehingga arus listrik tidak masuk pada salah satu pin terminal ram dan RAM lemah atau tidak cocok dengan mainboard

4. Tegangan Listrik Rendah
Jika pada poin awal adalah PSU yang rendah daya, maka kali ini adalah tegangan listrik dari PLN yang emang rendah. Hal ini dapat menyebabkan komponen CPU tidak berkerja secara maksimal dan dapat menyebabkan restart. Untuk mengatasi hal ini, usahakan kita memasang UPS sebagai penyetabil tegangan dan penyimpan daya listrik

5. Putaran Kipas HSF Terganggu
Kipas heatsink jika putarannya terganggu atau rendah, dapat menyebabkan restart-restart. Biasanya disebabkan adanya penyumbatan debu-debu. Jika panas prosesor sudah tidak dapat diatasi lagi oleh kipas hsf (overheating) maka CPU akan mati dan biasanya tidak dapat dinyalakan sebelum dingin. Untuk mengatasi hal ini, bersihkan debu-debu yang melekat pada kipas atau anda bisa menggantinya dengan kipas baru jika kondisinya sudah lemah/seret serta berikan pasta pendingin pada body atas prosesor.

Demikianlah artikel Beberapa Penyebab PC Restart Sendiri, semoga mudah dimengerti dan bermanfaat untuk kita semua.
Beberapa Penyebab PC Restart Sendiri Beberapa Penyebab PC Restart Sendiri Reviewed by Chandra setiawan on 2:03 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan komen, bebas tapi sopan.

Powered by Blogger.