Cara mengatasi Komputer lemot

Cara mengatasi Komputer lemot - Ada berbagai macam cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi kompter lemot yang Anda miliki. Mungkin kali ini, Infoteronline akan memberikan informasi tentang bagaimana cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi komputer lemot tersebut.

Semua berasal dari perawatan ataupun penggunaan software pembersih yang bisa meningkatkan performa dari kecepatan komputer Anda. Bukan hal yang begitu saja bisa Anda dapatkan apabila tidak adanya perawatan khusus untuk komputer Anda.

Secanggih apapun komputer yang Anda miliki pasti akan lemot juga jika terdapat banyak debu serta kotoran. Di dalam windows yang memiliki banyak sekali aplikasi atau software tidak terpakai juga menjadi salah satu faktor lemotnya komputer Anda.

Penyebab komputer lemot
Ada beberapa penyebab dari komputer Anda menjadi lemot, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Terlalu banyak debu serta kotoran
  2. Banyak aplikasi yang tidak terpakai
  3. Cache yang jarang dibersihkan
  4. Spesifikasi komputer rendah
  5. Memory yang kecil
  6. File Temp yang besar
  7. Terjangkit Virus
  8. Kerusakan pada Hardware Komputer


Setelah Anda mengetahui tentang apa saja penyebab dari komputer lemot tersebut, selanjutnya, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk dapat membuat komputer Anda menjadi cepat dan ngebut, yuk kita simak penjelasannya!

Cara mengatasi Komputer lemot
Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengatasi komputer lemot yang Anda miliki:

1. Kekurangan Memory
Masalah komputer yang paling sering terjadi adalah memory yang kurang dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Mungkin jika Anda menggunakan komputer untuk bermain game atau sebagai desain grafis, biasanya akan membutuhkan komputer dengan RAM yang besar.
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Untuk biasanya, RAM yang dibutuhkan adalah sebesar 4 GB RAM. Cara untuk mengatasinya, Anda cukup menambah kapasitas dari RAM yang Anda miliki.

2. Banyak Program dan Aplikasi
Kebanyakkan dari Anda pasti telah melakukan penginstallan terhadap komputer yang Anda miliki. Mungkin dengan penggunaan yang sesaat, Anda instal beberapa aplikasi dan software tanpa ingat untuk melakukan uninstall kembali setelah selesai penggunaannya. Ini adalah salah satu penyebab komputer Anda menjadi lemot. 
Cara mengatasi Komputer lemot

Cara mengatasi masalah ini pada komputer Anda adalah dengan melakukan uninstall secara rutin untuk aplikasi yang tidak terpakai. Usahakan lakukan kegiatan ini selama satu minggu sekali. (Control Panel > Program > Uninstall Program)

3. Start up Program
Kurang lebih berkaitan dengan penyebab nomor 2 di atas, tetapi bedanya adalah ini merupakan aplikasi yang menempel pada Proses Aplikasi yang aktif dan berjalan di Windows. Anda bisa lihat pada Task Manager > Processes
Cara mengatasi Komputer lemot

Caranya adalah dengan melakukan End Process pada aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan untuk windows.

Adapun cara untuk menonaktifkan start up program dan service yang sedang berjalan secara otomatis tersebut dengan cara, masuk ke System Configuration Utility, ketik "msconfig" pada menu "run". Kemudian pada tab service dan start up, lakukan "uncheck" terhadap aplikasi yang tidak diperlukan.

4. Temporary File yang besar
Yang keempat, penyebabnya adalah temporary file yang sudah membesar. Dengan pembesaran file temporary ini dapat menyebabkan komputer Anda menjadi lemot. Lokasi Temp. File tersebut adalah:
  • Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp 
  • Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp


Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Jika Anda ingin membersihkannya, lakukan "Delete" pada file-file yang ada di kedua lokasi tersebut. Cara lain, mungkin Anda bisa menggunakan CleanUp dengan cara klik "Start>Run" dan ketik "Cleanmgr". Kemudian pilihlah drive yang ingin Anda bersihkan.

5. Security Program
Antivirus serta firewall menjadi aplikasi tambahan yang mungkin sangat dibutuhkan untuk komputer Anda sebagai proteksi. Tetapi, jangan lakukan penginstallan berupa dua atau lebih program antivirus yang dapat menyebabkan masalah pada komputer Anda. 
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Update yang berlebihan dari aplikasi ini dapat menyebabkan komputer Anda menjadi lemot.

6. Kerusakan Hardisk
Hardisk adalah komponen penting kedua setelah RAM yang dapat menyebabkan komputer Anda menjadi sangat lambat. Masalah yang biasanya terjadi pada Hardisk adalah:
  • Hardisk Low Space
  • Hardisk yang sudah tua
  • Hardisk Bad Sector/Error
  • Hardisk yang terfragmentasi


Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi masalah pada hardisk ini dapat dilakukan dengan cara seperti:
  • Ganti Hardisk baru
  • Lakukanlah Defragmenter secara berkala
  • Bersihkan Hardisk dari kotoran dan debu
  • Gunakan Tool CheckDisk


7. Terserang Virus
Mungkin, untuk penyebab yang satu ini, sudah tidak terlalu diperjelas lagi. Infoteronline rasa, Anda sudah mengetahui tentang bagaimana maksud dari virus ini. 
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah memberantas semua virus yang ada dengan menggunakan antivirus yang Anda percayai.

8. System Files Corrupt
Setelah sistem yang ada pada komputer terserang virus dan Anda berhasil membasmi semua virus. Ada dampak efek samping dari pembasmian virus tersebut. 
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Biasanya akan ada saja file yang menjadi corrup karena virus tersebut. Lakukan Repair pada Windows adalah cara untuk mengatasi masalah seperti ini.

9. Hardware Overheat
Jangan menggunakan komputer secara berlebihan dan waktu yang cukup lama. Masalah overheat sering sekali terjadi apabila Anda yang bermain game. Apalagi jika sedang memainkan game kesayangan. 
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Biasanya Anda akan lupa untuk mengistirahatkan komputer. Cara mengatasinya adalah mungkin dengan bantuan dari kipas khusus untuk komputer serta jangan lupa untuk mengistirahatkan komputer Anda paling tidak selama 4 jam per-hari.

10. Jaringan
Penggunaan internet yang tertanam pada komputer juga dapat menjadikan komputer Anda menjadi lemot. Mungkin karena trafik dari jaringan yang tinggi, hub atau modem yang hang bisa menjadi salah satu celah untuk virus dapat masuk ke dalam komputer Anda.
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasi Komputer lemot
Cara mengatasinya, coba copot terlebih dahulu konektor RJ45 yang ada pada LAN Card komputer Anda lalu memasangnya kembali. Restart dan gunakan aplikasi Port Scanner untuk memantau packet data apa saja yang masuk serta keluar dari komputer Anda.

Demikian Cara mengatasi Komputer lemot, semoga mudah dimengerti dan bermanfaat untuk anda semua.
Cara mengatasi Komputer lemot Cara mengatasi Komputer lemot Reviewed by Chandra setiawan on 1:05 PM Rating: 5

No comments:

Silahkan komen, bebas tapi sopan.

Powered by Blogger.